Mengapa Harus Memilih Program Studi Pendidikan Matematika?

Matematika menjadi salah satu pelajaran paling favorit bagi penyuka dunia berhitung. Namun, bagi sebagian yang lain, matematika dianggap sebagai ilmu perhitungan yang sulit sebab menggunakan rumus yang rumit. Padahal, matematika merupakan ilmu yang banyak diterapkan dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Merasa tidak suka dengan dunia berhitung? Ya, banyak siswa yang merasa kurang tertarik mendalami matematika sebab rumus-rumus yang sulit dihafal. Padahal, tujuan utama pembelajaran matematika bukanlah menghafal rumus melainkan melatih manusia berpikir secara logis, sistematis, kritis, dan kreatif. Tidak main-main, prospek jurusan pendidikan matematika juga sangat luas lho! Kalau kamu ingin mengalahkan momok menakutkan sebagian besar siswa SMA/SMK ini, kamu wajib membaca informasi berikut!

Apa itu Program Studi Pendidikan Matematika?

Pendidikan Matematika merupakan salah satu program studi (prodi) yang berada di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Apa perbedaan prodi Pendidikan Matematika dengan prodi Matematika (murni) yang ada di Fakultas MIPA? Perbedaannya ialah terletak pada mata kuliah ilmu pendidikan yang hanya diperoleh di prodi Pendidikan Matematika. Pada prodi Pendidikan Matematika, selain mempelajari dasar-dasar ilmu matematika seperti aljabar, geometri, kalkulus, statistika, trigonometri, dan lainnya, juga akan dipelajari teori-teori kependidikan yang mencakup metode pembelajaran matematika, perencanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Sehingga kamu dapat memiliki kemampuan lebih dalam hal menyampaikan pelajaran Matematika kepada siswa tentunya dengan cara-cara yang menarik supaya mudah dimengerti. Pokoknya, prodi ini cocok banget untuk yang suka matematika, tapi juga punya ketertarikan dalam dunia mengajar.

Kenapa Kamu harus Memilih Prodi Pendidikan Matematika?

Sangat banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh sebagai seorang lulusan Pendidikan Matematika.

  • Jika kamu memiliki kemampuan mengajar matematika yang asyik dan unik, kamu akan dicari oleh banyak sekolah dan lembaga belajar.
  • Setelah lulus sebagai seorang sarjana Pendidikan Matematika, kamu bisa ambil bagian dalam program pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia. Perkaya pengalamanmu dengan mengikuti program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T). (>>Bisa mengabdi sambil jalan-jalan nih J)
  • Selama ini, sebagian besar siswa masih sering merasa sulit untuk memahami matematika jika hanya belajar di kelas, untuk itu tidak jarang mereka memilih bimbingan belajar atau les khusus matematika untuk menuntaskan masalah yang dialami. Nah ini peluang bagi lulusan Pendidikan Matematika untuk membuka tempat les matematika yang andal.
  • Kamu juga bisa memberi manfaat lewat cara lain. Misalnya dengan menulis buku ajar, menyusun buku latihan soal, ataupun jadi editor yang khusus menangani pelajaran Matematika di kantor penerbitan. Kamu tau kan kalau mata pelajaran matematika itu ada di setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, hingga SMA, jadi kamu bisa mendapat kesempatan yang lebih luas.
  • Kamu bisa menyalurkan ide-ide kreatifmu dalam pembelajaran Matematika dengan menjadi trainer metode belajar yang seru dan efektif supaya matematika nggak terus-menerus dianggap sulit.

Prospek Kerja Prodi Pendidikan Matematika

Lulusan prodi Pendidikan Matematika utamanya dipersiapkan untuk menjadi guru atau pengajar matematika profesional di tingkat SMP atau SMA. Tidak bisa diremehkan, tenaga pengajar baik guru atau dosen yang telah mendapatkan sertifikasi akan mendapatkan gaji yang memuaskan lho!

Selain itu lulus dari prodi ini, kita juga bisa menjadi entrepreneur handal di bidang pendidikan. Karena memiliki latar belakang ilmu pendidikan, sangat memungkinkan bagi kita untuk membuka bimbingan belajar, les, atau privat matematika sebagai alternatif belajar siswa di luar sekolah. Jika kamu ingin mencoba bidang kerja lainnya, ada banyak pilihan karier yang bisa diraih oleh lulusan prodi Pendidikan Matematika.

  • Dosen (dengan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi tentunya!J)
  • Penulis buku matematika
  • Pengembang media pembelajaran
  • Trainer guru kreatif
  • Pegawai bank
  • Pegawai perusahaan
  • Analis data (pengolah data sebagai terapan dari ilmu statistik)
  • Aktuaris  (Seorang Aktuaris biasanya bekerja di perusahaan asuransi, di mana mereka akan membantu perusahaan untuk merancang kebijakan dan menetapkan premi yang harus dibayar. Pendidikan matematika merupakan salah satu jurusan yang memungkinkan Anda untuk bekerja sebagai seorang Aktuaris.)
  • Wirausaha (Kamu memiliki metode perhitungan matematika yang baik sehingga bisa memulai langkah menjadi seorang wirausaha lebih matang. Berbagai hal terkait penghitungan modal dan lain-lain bisa kamu analisa dengan lebih baik. Siapa tahu kamu bakal mendapatkan omset lebih fantastis dibanding berkarir sebagai profesional.)

Mengapa saya memilih Prodi Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA)?

Karena UNRIKA merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik (Peringkat satu di wilayah Kepulauan Riau, (tambahkan peringkat nasional) berdasarkan hasil pemeringkatan DIKTI tahun 2018) yang dapat menjadi pilihan.

Prodi Pendidikan Matematika di FKIP telah berdiri sejak tahun 2006 dan telah menghasilkan ratusan lulusan yang terserap di berbagai bidang pekerjaan. Sejak tahun 2015 (hingga saat ini) Prodi Pendidikan Matematika UNRIKA telah terakreditasi B dan institusi UNRIKA sendiri juga telah terakreditasi B oleh BAN PT, sehingga tidak perlu diragukan bahwa ijazah dari UNRIKA dapat dibawa ke mana saja bahkan untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Sudah ada beberapa alumni prodi Pendidikan Matematika telah membuktikan bahwa dirinya mampu bersaing secara global dengan meraih beasiswa S2 Master of Science dari National Chung Hsing University, Taiwan dan beberapa alumni lainnya melanjutkan studi S2 nya di berbagai wilayah di Indonesia seperti di UGM, UNY, UNNES, UNP, UNRI, dan lain-lain. Sementara itu alumni Pendidikan Matematika UNRIKA juga banyak yang telah terserap sebagai guru matematika baik PNS maupun non PNS, pegawai perbankan, karyawan di perusahaan, dan entrepreneur di berbagai wilayah di Indonesia.

Prodi Pendidikan Matematika UNRIKA didukung oleh tenaga pendidik (dosen-dosen) profesional yang bergelar Master (S2) dan Doktor (S3). Fasilitas yang dimiliki mulai dari ruang kelas, laboratorium pendidikan matematika, ruang micro teaching, perpustakaan, dan wifi tersedia untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran. Biaya yang terjangkau dan tersedianya kelas sore (untuk karyawan/mahasiswa pekerja) menjadikan UNRIKA semakin friendly bagi kalian yang ingin kuliah sambil bekerja. Sesuai dengan visinya, UNRIKA telah terbukti menjadi penghasil lulusan yang unggul, kreatif, dan mandiri.Jadi tunggu apa lagi? Jangan ragu-ragu dan segera bergabung dengan keluarga besar Prodi Pendidikan Matematika UNRIKA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *