Kuliah Umum Matematika 2019

Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau Kepulauan–Prof. Ir. RMJT Soehakso profesor Matematika pertama di Indonesia, menyatakan Matematika mempunyai pola yang sangat menarik, begitu menariknya, beliau sering mengatakan bahwa Matematika bagaikan “Gadis tercantik di seluruh dunia”. Rupanya setelah lama kita mempelajari Matematika, yang dimaksud cantik adalah polanya termasuk pola abstraknya, sedang yang dimaksud di seluruh dunia adalah kebaharuan Matematika bersifat universal di seluruh dunia, misalnya penemuan rumus abc dalam penyelesaian persamaan kuadrat dan penemuan rumus kosinus oleh Al Khawarizmi berlaku untuk seluruh dunia.

Matematika ternyata menyimpan keindahan. Bagaimana mengungkap keindahan matematika? Untuk itu pada 28 Oktober 2019 ini, program studi pendidikan matematika Universitas Riau Kepulauan bekerja sama dengan Indo-MS Sumbagteng mengadakan kuliah umum. Materi ini kami sajikan dengan tujuan untuk memasyarakatkan matematika, karena dalam kehidupan nyata banyak masalah rumit dalam bidang teknik, ekonomi, lingkungan, ilmu sosial, dll yang melibatkan data yang tidak semua datanya selalu tegas, tepat dan deterministik. Masalah seperti ini dapat ditangani dengan bantuan teori-teori seperti teori himpunan kabur (fuzzy set/FS). Dalam kuliah umum ini akan dipaparkan dua tema yaitu “Himpunan Fuzzy dan Aplikasinya” serta “The beauty of differential equation“. Narasumber yaitu Dr. Admi Nazra dan Dr. Mahdhivan Syafwan adalah dosen matematika dari Universitas Andalah yang sudah berpengalaman.

Oleh karena itu, kami mengajak mahasiswa, guru, dosen dan praktisi pendidikan khususnya dikota Batam untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ayo, segera daftarkan diri Anda, jangan sampai ketinggalan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *